$(".drop") .mouseover(function() { $(".dropdown").show(300); }); $(".drop") .mouseleave(function() { $(".dropdown").hide(300); });

Kuda-kuda (tsebe) adalah salah satu latihan dasar bagi beladiri. Disebut kuda-kuda karena awalnya seperti posisi orang sedang naik kuda.

Terdapat beberapa jenis tsebe dalam Thifan Pokhan, seperti ; kuda-kuda sejajar, belakang, simpuh.

Manfaat tsebe dalam beladiri adalah sebagai pondasi struktur jurus. Apabila kuda-kuda sudah bagus maka gerakan jurus akan bagus, bertenaga dan indah.

Berlatih kuda-kuda biasanya sangat berat, apalagi untuk beberapa perguruan silat yang mengharuskan kuda-kuda yang rendah, akan membosankan karena biasanya para murid tidak merasakan manfaat dari kuda-kuda. Mereka akan tertarik ketika sudah diajarkan jurus karena bergerak secara aktif, indah dan terlihat bermanfaat untuk beladiri.

Lalu apa hubungannya kuda-kuda dalam pembentukan karakter atau personality atau kepribadian ?

Dalam kuda-kuda terdapat beberapa kaidah pembentukan karakter menjadi pribadi yang tangguh.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, Mukmin yang kuat lebih baik dan lebih dicintai Allâh Azza wa Jalla daripada Mukmin yang lemah; dan pada keduanya ada kebaikan. Bersungguh-sungguhlah untuk mendapatkan apa yang bermanfaat bagimu dan mintalah pertolongan kepada Allâh (dalam segala urusanmu) serta janganlah sekali-kali engkau merasa lemah. Apabila engkau tertimpa musibah, janganlah engkau berkata, Seandainya aku berbuat demikian, tentu tidak akan begini dan begitu, tetapi katakanlah, Ini telah ditakdirkan Allâh, dan Allâh berbuat apa saja yang Dia kehendaki, karena ucapan seandainya akan membuka (pintu) perbuatan syaitan. (HR Muslim, Ahmad)

Beberapa karakter tangguh yang dihasilkan dari kuda-kuda dalam kehidupan adalah :

1. Melatih kesabaran

Sabar adalah karakter yang sangat diperlukan untuk kesuksesan dalam segala kehidupan. Sifat isti’jal (terburu-buru) akan menjadikan hasil yang buruk.

Kuda-kuda melatih sabar dengan hanya diam dengan beban yang semakin lama semakin berat.

2. Melatih jiwa tangguh tidak menyerah

Para guru biasanya menentukan target harus mampu melakukan kuda-kuda dalam hitungan tertentu, apabila kuat maka akan diberikan jurus lanjutannya.

Dengan metode seperti itu maka walaupun kita merasa berat tetap terus berjuang untuk mampu.

Alhamdulillah bila keinginan kita kuat maka akan mampu melaksanakannya.

Demikian juga dalam kehidupan, kita harus tangguh, semangat mengejar target kehidupan, tidak mudah menyerah, membuang sifat malas dan mudah putus asa.

3. Melatih selalu konsisten/istiqomah

Hasil latihan kuda-kuda menghasilkan kekuatan yang mampu memperkuat jurus untuk menyerang, bertahan dan menghindar. Tidak akan mudah mundur atau goyah ketika mendapatkan serangan.

Demikian juga dalam kehidupan, akan banyak sekali godaan untuk melakukan keburukan/maksiat yang disebabkan oleh pengaruh godaan dunia, manusia, syetan dan nafsu.

Kuda-kuda seperti pondasi sebuah bangunan, seperti aqidah dalam agama.

Kita harus mampu bertahan dari semua jenis godaan tersebut sehingga mampu menjadi hamba Allah yang bertaqwa agar mendapatkan pertolongan Allah dari segala urusan, baik di dunia dan juga di akhirat.

Nah demikianlah kurang lebih manfaat kuda-kuda dalam kehidupan kita. Mari kita senantiasa mencari hikmah untuk kehidupan kita dari pelajaran silat yang sudah kita pelajari.

Herman Budianto

Website : www.thifanpokhan.org
IG : thifanpokhan
FB : Persaudaraan Thifan Pokhan Indonesia

#ThifanPoKhan
#MoslemMartialArt
#LawanCorona